Penipuan mengatasnamakan telepon rejeki rumah tumpah Telkom

Bulan januari kemarin tepatnya tanggal 24 januari 2010 ada yang telepon ke telepon rumah yang mengatas namakan PT.Telkom, yang menyatakan keluarga ane memenangkan undian 1unit motor mio dari program telepon rejeki rumah telkom, nah kebetulan yang menerima telepon tersebut ane, mendengar kalau keluarga ane dapat motor ane senang banget dan tidak menaruh curiga kalau itu hanya sebuah penipuan belaka, dikarenakan orang yang menelpon menyebutkan nama bokap ane, undiannya tidak dipungut pajak/biaya sama sekali, tuh penipu nanya sama ane jam 11 malam nonton televisi ga di stasiun televise SCTV karena pada jam segitu nomer telepon anda keluar sebagai pemenang undian?ane jawab ga  dan yang lebih meyakinkan lagi berbicaranya bro seperti bukan seorang penipu kaya operator asli. Lalu ane di kasih nomer telepon (flexi) kepala direktur bagian pemasaran untuk mengkonfirmasi hadiah undian (tuh orange suruh ane secepatnya menghubungi kalau tidak hadiahnya hangus), yang mengherankan bro tuh nama  direktur disebutkan  title panjang banget dari haji sampe title tingkat sarjananya. Nah ane dari situ ada keraguan bro karena apa??kata bokap ane kebetulan bekerja di Telkom, orang yang bekerja di PT.Telkom ga bakalan sebutin titlenya yang dia punya ke orang – orang atau pelanggannya. Dari situ ane coba – coba browsing di internet bener ga tuh berita bahwa keluarga ane mendapatkan undian, wah bro ternyata ane ditipu. Bener ci bahwa ada pengundian dari PT.Telkom atas program rejeki rumah tumpah tapi disitu ga ada nama bokap ane tercantum,sehabis itu bro ane kesel ya udah dah tuh direktur penipu yang mengatas namakan Telkom ane telpon terus ane dengar aja yang dia ngmong, abis itu ane nasehatin kalau cari uang jangan dari nipu, kasihan yang lw tipu. Dia masih ngotot bro kalau dia tuh dari Telkom ya udah gan ane kasih bokap ane terus tuh penipu ga bisa bekutik karena bokap ane sendiri karaywan Telkom lalu tuh penipu dimaki – maki abis – abisan sma bokap ane dan selanjutnya ga tahu lag dah gimana. Ada sedikit Tips ni dari ane agar waspada terhadap kasus penipuan yang marak sekali dizaman sekarang, langsung aja :

1.jangan langsung percaya kalau ada sms atau telepon yang menyatakan kalau anda memenangkan/ mendapatkan  undian, kalau bisa anda menghubungi  suara konsumen, call center, cari info di internet kalau anda mendapatkan hadiah

2. Kalau memang anda menang undian anda akan dikirimkan surat resmi dari perusahaan untuk menghadiri acara penyerahan hadiah dan biasanya kalau penyerahan/pengumuman  undian hadiah itu dipublikasikan secara umum melalui media cetak dan elektronik.

3. Karyawan Telkom khususnya tidak menyebutkan title kepada orang maupun pelanggan, kalau ada yang seperti itu berarti karyawan Telkom gadungan (kata bokap ane).

4. kalau memang anda menang dan dihubungi lewat telepon pastikan lihat nomer telepon pelaku kalau memakai nomer handphone/nirkabel (CDMA atau GSM) jangan dipercaya 100%  pasti penipuan. Kalau memakai telepon kabel/rumah boleh percaya.

5. jika anda disuruh transfer atas undian hadiah jangan mau itu dipastikan penipuan dikarenakan sudah banyak kasus penipuan seperti itu

49 Comments

  1. BETUL,BETUL,BETUL….ANE KENA TIPU JUGA BRO,CUMA PINTERAN ANE DRI PD PENIPUNYA.

  2. Penting sekali artikel tu, krn barusan kemarin ayah sy jg kena penipuna tsb. cm sayangnya wktu itu ayah saya dah terlanjur transfer uang tanpa didampingi adik saya. dan lebih parahnya ayah saya tu kayak semacam terhipnotis oleh si penipu tu.
    Si penipu mengatas namakan Drs.Hj MARSUDI ………apalah klanjutannya saya tdk tau dg jabatan direktur TELKOM JKT. Dari situ sy cb cek ke telkom 147 ternyata tdk ada & ke TV 7 jg tdk ada acra pengundian maka sy langsung cegah ayah saya tuk transfer uang yg dimintanya lg sebesar 6 jt dg alasan utk pengiriman mobil dr jkt ke slo. tp si penipu kayaknya msh ngejar lg & sy bilang sama dia klo mang mo ngambil uangnya silahkan ambil di Kompi C 753 biak krn kakak yg kebetulan mau ngasih uang dinas disana. dan mgkn akan diberikan lebih dr yg diminta klo mau…..!!!! akhir nya penipu tak da suara lg.

  3. baru aja gw d telepon,pas gw tanya “bs d cek d websitenya?”dia malah nyuruh nelpon direksinya..
    aneh,y jelas ketauan lah

  4. ya begitu lah motif penipuan dizaman sekrang ini sangat bermacam- macam,oleh karenanya sebaiknya anda waspada jgn terlalu percaya sama orang yang mengiming-imingi hadiah

  5. ane jg ngalamin hal serupa bro.. tepatnya istri ane sih yg di tlp. utg istri lgsg tlp ane.. lalu ane cek di 147 eh ternyata utk minggu ini ga ada pengundian. saran ane sih kalo dpt tlq kayak gitu mending di chek ke websitenya atau tlp ke 147

  6. wah pengalamannya hampir sama dengan mas dadik nyokap gw tadi pagi juga dapet telpon dari orang telkom katanya sih dapet mobil kijang innova gw seneng dengernya orang pajaknya ditanggung telkom. terus orang telkom suruh nyokap gw telfon ke kantor polisi di kasih no telp lengkap dengan nama petugasnya. gw mulai curiganya disini karena si bapak yg ngakunya polisi ini maksa bgt suruh transfer uang sekitar 6 jt untuk ngurus bpkb dll, karena gw heran gw suruh aja nyokap bilang klo abang gw aja yg ngurus langsung ke sana tapi si petugas ini bilang gak bisa dan nurunin uang yg harus di transfer jd 900rb tambah heran gw. gw langsung bilang ke nyokap buat putusin telpon dan bilang nti menghubungi lagi. dan setelah gw cek ke websitenya telkom ternyata tidak ada pengundian apapun tadi malam.

  7. Wah terima kasih atas infonya bro! Tadi pagi juga saya dapet telepon serupa yang mengatasnamakan pihak telkom dan disuruh transfer sejumlah uang untuk biaya administrasi dan surat-surat mobil kijang inova yang dijanjikan. Tapi setelah telepon ke 147 dan datang langsung ke kantor telkom cabang terdekat ternyata tadi malam tidak ada acara pengundian dan pengundiannya kalo nggak salah bulan 10.

  8. Gw jg dapet telp dari sindikat yg sama, tapi nyokap yg terima. Bagusnya, nyokap langsung kasih tau ke gw, karena kebetulan gw di rumah. Dasar gw emang bukan orang yg gampang percaya, gw langsung search di internet. Dan gw pun ketemu info di blog ini. Nice share ya. Thx atas informasinya :)

    [Setelah tau adanya penipuan ini, gw langsung telp nomor yg dikasih, dan memang dari pertama kali diangkat dia langsung bilang gelarnya dan dia bilang atas nama SCTV. Tapi gw belagak bego, dengan bilang gw ga lagi sedang telp ke SCTV dan gw plesetin nama orang yg disuruh mereka hubungin di nomor itu. Cara gw ini, berhasil buat dia kikuk, dan langsung bilang telp gw salah sambung. Alhasil gw langsung marah2in aja tuh orang, tapi gw masih pake bahasa sewajarnya, ehhhh dianya bales pake bahasa jorok/kotor. Gw langsung tutup telp gw. Mampus lu penipu, ga kena, ga kena, ga kena....]

  9. thank’s bro infonya…sangat membantu sekali…btw ane ijin share thread nya gan…thx :)

  10. wah baru kejadian.. si penipu minta transfer dari atm.. ada ceritanya ngambil hadiah gitu.. ckckck.

  11. tadi istri ane juga dapet telepon serupa, mengaku bernama Irawan dan menyatakan kami menang yamaha mio, dia minta kami untuk menghubungi nomor 50230892 bernama haji Sukendar.
    Lalu kami buka internet nemu thread ini. kalau ada yang mau iseng, silakan aja telpun nomor tersebut untuk ngerjain para pedebah tersebut. ngaku aja dapet telepon kalau menang Mio

    • sorry ada kesalahan ketik
      mang bnr tu.
      hars’a para aparat hrs tangkep n tembak mati pelaku” penipuan di indonesia

  12. ya sama tdi sya jg dpt telp dr irawan menginformasikan bhwa suami sya dpt hadiah yamaha mio + Uang Tunai 5jta dg syarat membeli voucher simpati 100rban 6 buah lalu dia jg meminta kami menelpon k H.Sukendar .untung ja sya lngsung telp ke call center telkom’a trnyata emang bnr telkom mengadakan undian tp trnyata suami sya tdk trmsuk pemenang’a… pas dia telp kami lg lngsung ja sya blg klo mau cari uang jg nipu org eh lngsung di tu2p ma dia mungkin malu krna ktahuan….

  13. waduh masih aja saja kasus penipuan ini.
    buat semua’y harus dan mesti hati-hati jgn terlena karena hadiah yg diberikan cuma-cuma.
    kalau bisa share ke teman,keluarga dan yg lainnya tentang penipuan ini.

  14. senasib gan sama ane. kejadiannya persis. dia baru nelpon tadi. bener kaga tadi malem ada undian telkom di trans tv? katanya sih nmr telpon rumah ane muncul, terus disuruuh telpon ke pusat telkom di jakarta.

  15. ia bro sm bokap gw jg ketipu. tadi jam 12 gw bru plng ngajar ngeliat bkap gw lg ngbrol di telpon.gw tanya knya dr telkom poin rejeki tumpah ruah.knya bokap gw dapat kijang innova.lah gw lngsung sneng lau gw bkalan pny mbil.tp gw kga bodoh gw langsung buka internet n gw searching d internet kga ada.yang ada smua tipuan.n begonya yu penelpon dy bilng d sruh nghunbungi kombe pol condro kirono.haha gw g bego jg coz direktur gw seorang kombes langsung gw tlpn n knyan g ada nm itu….pasa gw lagi liat2 info d internet ad tpln lngsung gw angkat.dan ternyata itu dr telkom lg yang td nelpon.yowis gw layanin n dy blng lau td ad kesalahan di no rekening yg dia ksh sebelumnya. gw lngsung minta norek itu lg n dy ngasih n gw tantangin”eh lo butuh brapa duit ntr gw krim gampang gw msh bnyak uang tersissa denagn sombongnya.” haha langsung sm tu penelpon di tutup.ksian banget y “BUAYA DI KADALIN HAHAHHA. pesen gw hati2 lau ad telpon mengatasnamakan telkom jngan langsung di respon hrus di telaah dl bhasanya. gw yakin lau penipu itu bhasanya kga bermutu. slamat bagi orang2 yg g kena tipu.

  16. gw jga sma baru tadi pagi ditelpon rmh gw… mngatas namakan H. Marzuki Budiman. cara dia ngmong myakinkan bgt… katanya bokap gw mndapatkan kijang inova warna + uang santunan 35jt…. pas dia mnta uang sbsr Rp 3.750.000 truz ktanya kalau mau trnsfer uang jgn ksih tau ap” sama org bank.. gw makin ragu trz gw cari tahu lwt intrnt+nlpn k 147 ternyta bnr itu adalah pnipuan…. huuu… kecewa bgt nee…. untung aja bokap blum transfer rugi besar….. heeeeeee

  17. kenapaaa haruss ada penipuu ?? ckckck :P

  18. wah sama tuh barusan aja dapet telpon dari telkom, bilang kemaren jam 11 ada undian di Trans TV saya dapet undian hadiah ke 2, dan saya di suruh telpon ke kantor telkom jakarta (021-50518732) Dr handes H. Sulkarnaen. trus gua telp 147 dan hasilnya penipuan, gua terror itu no telpon penipu.
    mampus lo penipu, gua telpon abis2an sampe subuh baru tau rasa.
    wkwkww
    anehnya penipuan gini di laporkan ke polisi rasanya percuma juga malahan di mintai polisi duit entar, makanya enakan di terror sampe kapok penipu ini

  19. Ini terjadi di bandung, hari ini Sabtu 23/Juli sekitar jam 15.30 ada orang telpon kerumah mengabarkan bahwa saya dapat hadiah lebaran dari TELKOM satu buah kulkas dua pintu dan uang 5 (10) juta dari Walikota Bandung, orang tersebut menyuruh saya mengontak orang bernama Bapak Waldan L Bakar (mengaku petinggi di TELKOM di Jalan Supratman) dengan nomor hp 08818034771, apabila mau dapatkan hadiahnya. Kemudian sekedar iseng juga terdorong (tergiur) dengan hadiah (keingintahuan) maka saya kontak orang tersebut. Diterima orang bernama tersebut diatas. Dengan sedikit jaim orang tersebut mengatakan bahwa betul saya mendapat hadiah2 diatas dengan kulkas akan dikirim segera. Setelah dialog demikian ia menanyakan di Bank saya dapat menerima transfer uang tersebut. Saya sebutkan salah satu Bank. Kemudian ia lanjut dengan menanyakan identitas KTP saya. Saya mulai lebih curiga (awalnya sudah curiga dengan nomor hp 08818034771 diatas) Saya katakan saya tidak kenal anda, saya mau ketemu Anda? dimana? dikantor TELKOM? Ia tidak mengiyakan, malahan meskipun ia katakan bahwa ia tidak memaksa mulai ia mengintimidasi dengan perkataan yang agak kurang mengena (tidak patut untuk gaya bahasa seorang petinggi telkom – kentara dialek salah satu suku tertentu) bahwa “Anda dari tadi kelihatannya tidak percaya pada kami?” “tanya diseluruh telkom mereka tahu siapa saya” “kalau tidak mau ya sudah tutup telpon ini” “kalau tidak perlu biar hadian ini untuk orang lain !!!”. Melihat gelagat demikian saya katakan saja bahwa saya tidak membutuhkan hadiah tersebut. Kemudian ia membentak “ya sudah” ia memutuskan kontak dengan saya.

    Kemudian saya kontak dengan informasi bagian telkom apakah ada undian seperti itu “… ternyata itu hanya penipuan”. “Bapak abaikan saja …” (saran saya : sebaiknya telkom dikontak sebelum kontak dengan penipu tersebut)

    Pikir-pikir lihay juga tu penipu hampir saja saya percaya betul, dengan gaya bicara intimidasi dan sugesti bahwa akan kehilangan kesempatan … namun alhamdulillah saya terhindar dari penipuan tersebut.

    Kepada semua yang bukan tukang tipu hati2 kena tipu dari cara orang2 yang bermata pencaharian seperti itu. Kasihan juga ya … apa enggak ada cara halal buat ngasih makan keluarganya? Hey bung INGAT MATI …

  20. gimana caranya memolisikan penelpon itu? dari setahun yang lalu kok tidak ganti nomer telepon ya orang itu….ck ck ck

  21. Pagi ini, jam 09.24. saya pun dapet telp dari orang yang mengatas namakan dari telkom. untung mode su’udzon saya langsung aktif. soalnya aneh kok, telkom malah ngasih no telpon untuk di hubungi, bukannya dia sendiri yang nelp. ah ada-ada saja tuh penipu saya sumpahin biar kena batunya.

  22. Jangan ketipu berkali-kali,jika ketipu berkali-kali terlalu murah iman islam kita kepada alloh swt

  23. Dari ali ra, tlh bsbd nabi saw:Kebijakan untuk dikenang,kata-kata bijak untuk di ingat(rs,muslim)

  24. Waliyulloh seh mindra komara berkata:Dikatakan iblis l bisa di lanat,dikatakan setan terkutuk bisa di kutuk

  25. kemarin bru terjadi lagi penipuan ke rmah sya kasusnya sama dari telkom, dapat hadiah kijang inova dan sama jga ktanya di siarkan di transtv ( penipunya gx kretif) trus disuruh menghubungi Drs H Rinaldi Firmansyah ke no 0214000733, dan minta uang 2,75 jta, untung bpa sya pinter jadi gx ketipu… hati2 aj kpda yang lain, masih marak penipuan kya gni…

  26. makasih ya bwat informx , untng aj belum trnsfer uang…….

  27. aku dr cirebon ada yg menipu yg bernama h.marzuki budiman dan si roy kolor atau apa tu namanya aku d telfon katanya anda mendapatkan satu buah mobil kijang inova dan aku terpancing karna kata katanya itu sangat meyakinkan sumpah aku kesel banget tuh sm orang gila yg bernama marzuki budiman dan si roy kolor merorot sy sumpahin terlindas truk atau kontener biar mampus jd gak nipu lagi

  28. marzuki budiman sang penipu yg mengaku dari telkom terkutuk kamu smg kamu cepat mampus

    • hehehe barusan ada telp jg gw

  29. Oke terima kasih ats share’y.semoga tulisan saya mambantu anda semua. dan tidak mudak tergiur oleh ucapan manis sang penipu

  30. Wah ni co2k bgt sma pngalman ane td pgi tp klo sy dr metro tv & nm pemimpinx kren bgt Drs.H.Renaldi pertama ane g curiga tp stlah lhat web ni ane jd bnar2 mantap klo ane mw ktipu tankz y brow

  31. wah nyokap ane td juga kena, tapi nama pimpinanya Ir. renaldi
    untung pinteran nyokap ane daripada penipunya :D

  32. berhatihatilah dengan undian brengsek…….. an marzuki

  33. wah ane juga baru kena nih gan. hahaha. namanya pake gelar Drs sama H juga. haha. untung aja ane browsing dulu. cari duit sekarang udah ga mandang cara. hahaha :D

  34. Gila ane juga baru aja dapet tlp katanya menang kijang inova,, ati2 bro semuanya kayanya nonya sama itu2 aja yang nyuruh ane hub telkom pusat di
    021-40585494 Drs Hj julkarnaen Si penipu
    trus suruh transfer ke
    BRI NO REK
    142101001060503 Rido Setiawan
    085397351669
    Langsung gw kata2in aja biar mampus tuh orang….gw sumpahin cepet masuk bui….

  35. ane barusan aja neh tgl 27 februari 2012,,, namanya hermadi dahlan no yan disruh hubungi 021 50677378 waktu denger dapet hadiah ane inisiatif telp 147 katanya lagi ga ada tuh rejeki tumpahnya,,, niu makin gla2an aja,, hahaha sampe nelpon ke rumah,,,

  36. ane barusan di telfon gan… tgl o6 maret 2012..
    dia minta suruh hub. no ini gan 02150141195, kata nya ane dpet hadiah tdi mlem di undi jam 11..tp ketika q tanya website nya,eh mlah di tutup tuh telpon.

  37. thanks info nya,,,,barusan juga jam 9.45.saya dapet tlp dari telkom dan *ga kreatif banget*untung ak langsung browsing,,,akhirnya,,ketemulah blog ini,,,,alhamdulillah,,,sudah puasssss marah”in penipunya…

  38. baru ditipu ama telkom dapet hadiah kijang innova + hadiah 95 juta untuk surprise
    harus transfer 12 juta untuk biaya surat2 keterangan

    untung ajaa udh ketauan hha
    dari hj reynaldi siapaa gt

  39. ihiiihii, aku barusan ngalamin nasib yg sama. Katanya bapakku dpt kijang innova dan santunan 15 juta. Wakakakkak. Disuruh nelpon telkom pusat. Pas aku tanya brp nomornya, dikasih nomer +622130205987 . Ga bagus banget untuk ukuran sebuah nomor kantor pusat, kantor telkom apalagi.
    Abis baca komen2 di atas, jadi terinspirasi untuk nelpon dan sekedar tahu kerja penipuannya gimana. Telpon dulu aaah. :D

  40. ane jga sama bro di tlp trus katanya ane dapet hadiah 1unit mobil avanza dari telkom pusat dan dia juga bilang pengundian nya ada tdi malam di metro 22-30 trus dia bilang mau bawa reporter RCTI sama METRO TV … trus saya di suruh ransfer 4 jt bwat blik nma BPKB trus dia bilang mobil nya masih di polda metro jaya trus uang transfer nya itu bwat ksih ke polda ..

  41. mau ingetin aja, barusan ada yang telpon mengatakan nomer rumahku kebagian hadiah. dan diminta telpon ke no. jakarta untuk mengetahui jenis hadiahnya.

  42. barusan bgt dapet telp serupa…c penelepon blg ane dpt undian telkom yg disiarin semalem…trs ane dsuruh nghubungin drs. h. reynaldi sapa lah itu…tp ane lgsg curiga soale setau ane td malem d trans cuma ada pelem demon & angel…pas ane search eh, bener aja tu mo nipu…tp suara c operatornya meyakinkan bgt ya…ckckckck…

  43. hahahaha ,,,

    Tanto Hartono direktur utama telkom ….

    mana mau direktur ngurusin hadiah kayax gitu ….

    penipunya goblok masa seorang direktur ngasih nomer kepemenang

  44. Barusan tadi juga ditelpon, katanya disuruh menghubungi no 02140503099 bertemu dengan direksi pemasaran Bp. Drs. H. Renaldi. Trus setelah telpon ditutup, browsing internet ketemu blog ini. Thanks infonya. Habis browsing, ditelpon lagi, katanya sudah ditunggu, kalo nggak nelpon hadiahnya bisa hangus. Kok banyak syaratnya gitu?

  45. Aku juga dapat tilpon yang bilang aku dapetin Inova, sesuai dengan acara di Trans TV tadi malam, ya alhamdulilah kataku. Terus bicaranya panjang lebar, dan diulang-ulang, Setelah berputar putar seribu kali, tiap kali dia bilang pak Haji, maksudnya kepala Telkom itu drs. H …, yang minta uang Stnk dan BPKB sebesar 6,5 juta, tapi pak Haji baru akan memberi nomor rekeningnya kalau aku janji nggak ada orang lain yang tahu. Nah, kalau tidak ada orang lain yang tahu akan dikasih lagi bonus 75 juta dari Trans TV. Setelah kupingku panas, takut meledak nih, aku bilang, sebagai pejabat negara, Haji nggak ada artinya, Haji itu buanyak sekali, nggak usah pejabat, tukang bubur juga pak haji Sulam, apa haji Muhidin …. udah ah, tutup aja tilponnya. Eh, masih bandel juga, dua jam kemudian nilpon lagi, aku jawab ibu sedang ke bank saya pembantunya … gantian dia yang nutup tilpon, wkwkwk ilang deh uang 6,5 juta, nggak jadi dapet ….
    Kalo liat komentar sebelumnya, kayaknya langganan penipuan termasuk Kijang Inova, dan Trans TV, ya.

  46. Wah, jebul pak Haji itu, Haji Reynaldi, haji apaan tuh? Ternyata terkenal juga nama itu.


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.