Kalimat penegas dan argumentasi (tugas b.indonesia)

Ridwan Ardiansyah

11208051

3ea03

UNIVERSITAS GUNADARMA

 

Kalimat Argumentasi

1.Perekonomian suatu negara akan lebih  meningakatkan jika sektor pertanian dikembangkan

2.Kemerdekaan Indonesia merupakan hadiah dari belanda

3. Hasil penelitian menunjukan lanjut usia yang mengkonsumsi tempe sebanyak 75 gram per hari mempunyai fungsi kognitif yang lebih baik1,45 kali dibandingkan dengan lanjut usia yang kurang mengkonsumsi tempe,” katanya.

4. Di Gurun pasir tidak ada satu-pun wilayah yang subur

5. Gubernur terbaik jakarta menurut warga depok yaitu Ali Alatas

Kalimat Penegas

1. Hujan akan selalu turun di daerah tropis

2. virus H1N1 pertama kali ditemukan di Meksiko dan Amerika Serikat

3. Alfred nobel adalah  Penemu dinamit, namanya dipakai untuk penghargaan nobel sekarang yang tiap tahun diberikan        untuk  6 orang

4. Jakarta selalu kebanjiran jika hujan turun

5. Kertas HVS selain bs di gunakan untuk menulis dan mencetak hasil print,bisa juga di jadikan karya seni

Artikel Penegas & Argumentasi

1. Penurunan harga pertamax

JAKARTA, KOMPAS.com Pertamina akhirnya menurunkan harga pertamax menjadi Rp 7.950 per liter dari sebelumnya Rp 8.050 per liter.VP Corporate Communication Pertamina M Harun mengatakan, salah satu tujuan penurunan harga ini adalah para pemilik kendaraan bermotor yang telah menggunakan pertamax tak beralih lagi ke premium akibat disparitas harga yang cukup tinggi, mencapai Rp 3.500 per liter.

“Iya, salah satunya itu. Mulai 3 Februari 2011, kami mengambil keputusan untuk menurunkan harga pertamax,” katanya kepada KONTAN, Jumat (4/2/2011).Namun, ia melanjutkan, sejauh ini harga pertamax masih tetap mengacu pada pergerakan harga minyak dunia. “Kami masih tetap mengacu pada harga minyak sebelumnya. Jadi, ke depan, seperti biasa kami melihat perkembangan dua mingguan,” tuturnya. Dengan demikian, ia belum bisa memastikan apakah harga pertamax akan kembali turun atau naik.Alasan lain, penurunan harga pertamax ini dikarenakan adanya keinginan Pertamina untuk memberikan insentif kepada para pengguna kendaraan bermotor, khususnya pengguna pertamax. Pemberian insentif itu, ia melanjutkan, dikarenakan volume penjualan pertamax sudah meningkat dua kali lipat dari tahun lalu.

Keterangan :

-kalimat penalaran : : Kalimat yang bercetak tebal merupakan kalimat penalaran karena terdapat kejelasan dan fakta mengapa harga pertamax diturunkan

kalimat argumentasi: Kalimat yang bercetak miring merupakan kalimat argumentasi, karena kalimat tersebut dapat mempengaruhi orang lain dan agar tetap menggunakan pertamax

sumber: http://www.kompas.com

2. liputan6.com, Port Harcourt: Sungguh malang nasib para penumpang sebuah bus di

Kota minyak Port Harcourt, Nigeria. Sepuluh orang tewas dan 12 lainnya menderita luka bakar ketika kabel listrik menghantam bus. Diduga, para korban tersengat aliran listrikJuru kamera dari Associated Press mengatakan, ia melihat sepuluh tubuh hangus dan tak bisa dikenali di rumah sakit setempat. Juru bicara kepolisian River State, Rita Abbey, mengatakan, korban luka dilarikan ke rumah sakit setempat untuk mendapatkan perawatan intensif.Sejauh ini, seperti dilansur BBC, polisi belum dapat mengkonfirmasikan junmlah penumpang bus dan penumpang yang

selamat.(AP/RST/SHA)
Sumber : Liputan 6.com

Keterangan :
-Kalimat Penalaran : Kalimat yang bercetak tebal merupakan kalimat penalaran karena terdapat kejelasan dan fakta dalam kalimat tersebut

-Kalimat Argumentasi : Kalimat yang bercetak miring merupakan kalimat argumentasi, karena kalimat tersebut dapat mempengaruhi pendapat orang lain dan belum ada kejelasan dalam kalimatnya
Sumber : Liputan 6.com

3.Menguat, Rupiah Intip Level 8.9001

JAKARTA, KOMPAS.com – Kurs mata uang rupiah terhadap dollar AS di pasar spot antarbank Jakarta pada Rabu (16/2/2011) pagi menguat sebesar 20 poin ke posisi Rp 8.902 dibanding sebelumnya yang sebesar Rp 8.922.Pengamat pasar uang Bank Central Asia (BCA) David Sumual di Jakarta, Rabu mengatakan, menguatnya rupiah pada pagi ini memberi dampak positif yang mencerminkan dana asing masih berada di dalam negeri.

“Indeks saham Bursa Efek Indonesia (BEI) yang melemah disebabkan sebagian investor mengalihkan dananya dalam bentuk rupiah sehingga membuat rupiah menguat, hal itu menunjukkan tidak terjadi keluarnya dana asing dari dalam negeri (capital outflow),” katanya.
Ia menambahkan, melemahnya dollar AS terhadap rupiah menunjukkan bahwa prospek pertumbuhan ekonomi Asia termasuk Indonesia ke depan akan lebih baik.
Menurut dia, pertumbuhan ekonomi AS yang sedikit melambat karena tertahan oleh data sektor perumahan yang mencatatkan penurunan kredit rumah menjadi sentimen negatif mata uang dollar AS terhadap rupiah. “AS khawatir dengan sektor perumahan yang pencatatan kreditnya belum meningkat, hal itu menunjukkan pertumbuhan AS sedikit masih lambat. Kendati data pengangguran AS turun hingga sembilan persen,” ujarnya.

Ia menambahkan, suku bunga kredit untuk perumahan di AS mulai meningkat dalam 10 bulan terakhir. Suku bunganya naik disertai down payment untuk kredit baru sebesar 20 persen dari nilai pinjaman. “Kenaikan suku bunga tersebut, akan mengurangi kemampuan beli masyarakat sehingga dapat memperlambat pemulihan di sektor perumahan,” kata dia.

Kurs mata uang dalam negeri, katanya, diprediksi masih akan terus menguat kendati masih dalam kisaran sempit seiring kembali optimisnya investor asing di bursa yang ditandai dengan posisi beli bersih asing di awal pekan lalu yang mencapai Rp 1,76 triliun.

Keterangan :
-Kalimat Penalaran : Kalimat yang bercetak tebal merupakan kalimat penalaran karena terdapat kejelasan dan fakta dalam kalimat tersebut. Yang dimana banyaknya dana asing yang tertanam di Indonesia menyebabkan menguatnya kurs rupiah

-Kalimat Argumentasi : Kalimat yang bercetak miring merupakan kalimat argumentasi, karena kalimat tersebut dapat mempengaruhi pendapat orang lain dan belum ada kejelasan dalam kalimatnya
Sumber:http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2011/02/16/11411294/Menguat.Rupiah.Intip.Level.8.900

4. “Fastfood” Bersiap Naikkan Harga Jual

JAKARTA, KOMPAS.com - Terus melonjaknya harga berbagai bahan pangan, seperti tepung terigu, minyak goreng, gula, cabai, daging, dan bawang belakangan ini, membuat biaya produksi makanan cepat saji terdongkrak. Makanya, kalangan pebisnis makanan cepat saji alias fastfood pun harus menaikkan harga.

Tengok saja langkah yang akan diambil PT Fastfood Indonesia Tbk, pemegang hak merek restoran Kentucky Fried Chicken (KFC) di Indonesia. Fabian Gelael, CEO PT Fastfood, mengatakan, harga makanan di KFC akan dinaikkan untuk mengimbangi kenaikan harga bahan baku.

Namun, kenaikan tersebut tidak akan melebihi laju inflasi tahun lalu yang besarnya 6,96 persen. “Tahun ini rata-rata kenaikan harga di KFC sekitar 3 persen sampai 5 persen,” kata Fabian kepada Kontan, Selasa (15/2/2011). Ia belum memastikan kapan waktu kenaikan tersebut.

KFC memilih tidak menaikkan harga terlalu tinggi supaya pangsa pasar nya terjaga. Makanya, selain menaikkan harga, KFC juga juga menyiapkan langkah lain untuk menyiasati lonjakan harga pangan. Di antaranya melakukan efisiensi. Misalnya, dengan memperbaiki distribusi logistik agar tidak memakan biaya besar.

Blenger Burger juga akan menaikkan harga jual makanan cepat sajinya. Erik Kandarman, pemilik Blenger Burger, mengatakan, kenaikan harga tersebut akan berada di kisaran 5 persen hingga 10 persen. Namun Erik masih menunggu waktu yang tepat untuk menaikkan harga makanannya. “Kemungkinan akan naik di semester I-2011,” kata Erik, (15/2/2011).

Selama ini, meski harga bahan baku terus naik, Erik mengaku, perusahaannya masih bisa menahan harga. Erik bilang, ia menyiasati kenaikan harga berbagai bahan baku dengan melakukan efisiensi. Namun, saat ini harga bahan baku, terutama daging, naik tidak terkendali. Jika akhir tahun 2010 harga grosir daging masih Rp 35.000 per kilogram (kg), maka saat ini harganya sudah di kisaran Rp 40.000-Rp 45.000 per kg. “Ini sangat memberatkan,” jelas Erik.

Berbeda dengan KFC dan Blenger Burger, PT Rekso Nasional Food, pemegang lisensi McDonald di Indonesia, memilih tidak menaikkan harga. “Sampai sekarang belum ada rencana menaikkan harga,” kata Koko Hadiono, Direktur Operasional dan Training Rekso Nasional Food. Perusahaan ini baru saja membuka sejumlah gerai, antara lain di Mal Sarinah. (Noverius Laoli, Veri N. Tragistina/Kontan

Keterangan :
-Kalimat Penalaran : Kalimat yang bercetak tebal merupakan kalimat penalaran karena terdapat kejelasan dan fakta dalam kalimat tersebut. Yang dimana Kenaikan harga bahan baku meningkatkan biaya produksi

-Kalimat Argumentasi : Kalimat yang bercetak miring merupakan kalimat argumentasi, karena kalimat tersebut dapat mempengaruhi pendapat orang lain yang masih dalam perdebatan antara menaikan harga atau tidak

Sumber :http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2011/02/16/11411294/Menguat.Rupiah.Intip.Level.8.900

5. Batik dan Kerajinan Masih Unggulan

KOMPAS.com Fakta memang menunjukkan sejak pemberlakukan ASEAN China Free Trade Area (ACFTA) berlaku pada 1 Januari 2010, limpahan produk China yang masuk ke Tanah Air tak terbendung. Sudah barang tentu, hal tersebut berdampak pada produk lokal  yang ikut bersaing di pasaran. Menurut Presiden Direktur ACE Hardware Prabowo Widyakrisnadi, produk China terhitung memiliki banyak keunggulan ketimbang  produk lokal. Dari segi kuantitas bisa begitu banyak. Termasuk dari jenis.

Sementara, makin hari, kualitas produk China juga makin membaik. Makanya, harganya pun kian bersaing dengan produk lokal. “Komposisi jenis produk yang kami jual memang 80 persen buatan China,” aku Prabowo yang didampingi salah seorang komisaris independen ACE Hardware Letnan Jenderal (Purn) TNI  Tarub dan konsultan Tjiptono Darmadji, saat peresmian gerai ACE Hardware di Mal  Living World, Alam Sutera, Kota Tangerang Selatan pada Jumat (18/2/2011).

Kendati demikian, Prabowo mengakui kalau pihaknya berupaya mengakomodasikan masuknya produk lokal ke dalam bisnis perkakas  yang tengah berjalan di bawah kelompok Kawan Lama ini. Sebagai wujudnya, kata Prabowo, pihaknya tengah merancang gerai  konsep baru. Namanya Pendopo. “Ini gerai konsep untuk barang lokal,” ujarnya.

Kalau tak ada aral melintang, lanjut Prabowo, pembukaan Pendopo terlaksana pada Maret tahun ini. Lokasi pertama ada di Mal  Living World. Rencananya, Pendopo menempati areal seluas 6.000 meter persegi.

Sementara itu, produk lokal yang akan mendominasi Pendopo adalah ragam batik dan kerajinan. Prabowo mengakui, batik adalah produk lokal unggulan yang paling menarik minat konsumen. Berikutnya adalah produk kerajinan, khususnya yang terbuat dari  kayu. “Produk kerajinan dari kayu yang utama di Pendopo nantinya adalah furnitur,” demikian Prabowo Widyakrisnadi.

Selanjutnya, masih menurut Prabowo, ACE Hardware teranyar di mal tersebut mengusung konsep gaya hidup. Ada 75.000 produk yang memenuhi pajangan di lokasi seluas 15.000 meter persegi.

Keterangan :
-Kalimat Penalaran : Kalimat yang bercetak tebal merupakan kalimat penalaran karena terdapat kejelasan dan fakta dalam kalimat tersebut.

-Kalimat Argumentasi : Kalimat yang bercetak miring merupakan kalimat argumentasi, karena kalimat tersebut dapat mempengaruhi pendapat orang lain.

Sumber:

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2011/02/19/12360595/Batik.dan.Kerajinan.Masih.Unggulan

About these ads

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.