Tip Hemat Berkendara

“Hari gini semua serba mahal!” mungkin begitu umpatan sebagian masyarakat kita yang amat merasakan dampak krisis ini. Bagi para pemilik kendaraan bermotor tentu beban ini menjadi bertambah.

Harga bahan bakar terus meroket, membuat banyak dari pemilik kendaraan yang memutar otak untuk menghemat pengeluaran perawatan kendaraan mereka.

Namun ternyata tingkat konsumsi bahan bakar sebuah kendaraan itu banyak juga ditentukan oleh bagaimana gaya si pengemudi mengemudikan tunggangannya.

Oleh karena itu, berikut sedikit tip cara ekonomis berkendara:

1. Hindari memanaskan mesin terlalu lama sebelum berkendara, karena selama mesin bekerja maka bahan bakar akan tetap terkirim, sehingga banyak BBM yang terbuang sia-sia.

2. Jangan menginjak pedal gas dengan menghentak. Injakan harus stabil dan bertahap. Pertahankan kecepatan kendaraan, sedapat mungkin sekitar 70 – 80 km/jam.

3. Hindari kecepatan tinggi yang tidak perlu, semakin tinggi kecepatan sebanding dengan tingginya putaran mesin sehingga bahan bakar minyak yang harus dikirim pun semakin besar.

4. Sesuaikan gigi percepatan dengan kecepatan kendaraan, gunakan gigi rendah untuk menjalankan kendaraan pertama kali. Contoh :

Gigi 1 Kecepatan 0-15 km/jam
Gigi 2 Kecepatan 15-35 km/jam
Gigi 3 Kecepatan 35-50 km/jam
Gigi 4 Kecepatan 50-70 km/jam
Gigi 5 Kecepatan 70 > km/jam

5. Lakukan akselerasi/penekanan pedal gas secara perlahan (bertahap), jangan melakukan secara tiba-tiba karena dapat mengakibatkan terjadinya penambahan bahan bakar secara berlebihan.

6. Matikan mesin saat kendaraan berhenti dalam waktu lama (parkir).

7. Aktifkan penyejuk udara (AC) dengan temperatur yang tidak terlalu rendah. hal ini akan membuat kerja kompresor tidak terlalu lama (atau matikan bila perlu).

8. Jangan meletakkan kaki kiri pada pedal kopling saat berkendara atau berkendara dengan setengah kopling. Ini akan mengakibatkan tenaga mesin tidak sepenuhnya tersalurkan untuk menggerakkan kendaraan.

9. Gunakan bahan bakar yang sesuai nilai oktan yang disarankan oleh produsen. Nilai oktan bahan bakar akan menentukan pembakaran yang sempurna, sehingga sangat berpengaruh terhadap tenaga yang dihasilkan oleh mesin.

10. Sebisa mungkin hindari jalan-jalan yang rawan macet.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s