Prospek Usaha Steam yang masih Terbuka

Waktu bulan puasa kemarin memang males banget untuk sebagian orang beraktivitas mungkin karena tenaga tidak sebanyak ketika tidak puasa, benar ga tuh???Apalagi nii saya kalau mau cuci motor bawaannya males banget, padahal tuh motor udah kotor kaya habis offroad. ya sudah akhirnya tuh motor saya bawa aja ke steam deket rumah untuk di cuci. Keadaan steam tersebut saat itu memang lagi sedang ramainya di karenakan waktu semalam hujan lebat, wajar saja ramai karena letak tempat usaha steam tersebut cukup strategis di dekat perempatan jalan dan kondisi jalan waktu itu sedang becek.

Sambil menunggu motor di cuci, saya berbincang – bincang  saja sama orang yang sedang cuci motor, maklum karyawan di situ adalah teman – teman saya. Saat sedang berbincang – bincang dengan teman saya yang cuci motor, datang seorang pria yang kata teman saya itu adalah pemilik steam ini namanya bang agus. Bang agus menegur karyawan – karayawannya sambil bercanda yang katanya cuci yang benar jangan sampai ada pelanggan yang kecewa, karena bang agus orangnya suka bercanda ya sudah saya dekati untuk mengobrol. Saya sempat bertanya –tanya kata bang agus usaha ini ia mulai pada tahun 2006 yang lalu, dengan modal halaman di depan rumahnya, mesin kompresor dan alat –alat penunjang lainnya. Mulanya ia yang mengerjakan sendiri usaha ini dari ngurus hal –hal yang ada sampai yang cuci motor pelanggan dia lakukan sendiri namun katanya dia terlalu capek kalau melakukannya sendiri karena setiap hari ada 20 motor dan 1 atau 2 mobil yang cuci steam di tempatnya. ya sudah bang agus mau tidak mau harus merekrut karyawan untuk membantu, bang agus mengajak saudaranya yang baru lulus sekolah dan anak –anak remaja yang belum kerja di sekeliling tempat tinggalnya untuk bekerja di steamnya. sebelum bekerja di tempatnya, bang agus mengjarkan cara cuci motor yang benar, dari cara meghidupkan kompersor, mengatur tekanan air sampai pemberian sabun untuk mesin –mesin kendaraan dan body kendaraan di ajarkanya.

Jika anak buahnya sudah mengerti apa yang di ajarkan baru di lepas sendiri sama bang agus. sampai saat ini bang agus mempunyai karyawan sebanyak 4 orang, walau karyawanya selalu ganti –ganti karena mungkin ada pekerjaan lain atau bosan. Jam kerja steam dari jam 9 pagi sampai jam 9 malam, malah kalau hari libur sampai larut malam, kendaraan yang cuci di tempatnya sekarang sekurang – kurangnya  30 motor sehari dan lebih dari 3 mobil sehari. Tarif sekali cuci motor di situ Rp.6.000,- dan mobil Rp.10.000,- dimana sistem bagi hasil atau upah kerja yaitu jika karyawanya mencuci 1 motor dapat Rp.2.000,- dan mobil Rp.4.000,- di bayar setiap hari. Kata karyawan – karyawan bang agus lumayan untuk nambah uang saku. Selain usaha steam di tempatnya bang agus juga memiliki usaha sampingan yaitu menjual bensin dan bulan puasa kemarin bang agus mencoba – coba berjualan dodol di depan steamnya untuk menambah pemasukaanya lumayan ada saja yang beli. Tidak terasa selasai juga motor saya di cuci, yang tadi kotor banget sekarang bersih kinclong, saya bertima kasih sekali karena kalau tidak ada steam saya males banget dah untuk cuci motor.

Menurut catatan di situs  kota depok jumlah kendaraan bermotor yang ada di kota ini mencapai 12.514. wah banyak sekali ya, pantesan depok macet. dari data tersebut usaha – usaha jasa yang berhubungan dengan kendaraaan bermotor misalnya bengkel dan usaha steam motor dan mobil peluangnya masih terbuka lebar.

5 Comments

  1. boleh tahu gak rincian biaya modalnya? alat_alatnya apa aja dan dimana bisa mendapatkan alat-alatnya? thx…

  2. kami dari automega menjual berbagai macam peralatan/perlengkapan alat cuci mobil,
    dapatkan berbagai macam paket cuci motor dan mobil,
    kunjungi web kami http://www.hidrolik-lift-snowwash.com
    kontak person : 021 94476978 ( kurniawan )

    salam sukses,

  3. Bagus,prospeknya lumayan cukup bwat biaya kuliah. Sya pnya 3 tmpat

  4. Modal usaha cuci motor berapa kira kira

  5. b;lh tau ga biyaya awalnya brp


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s