Ayo Berqurban…..!!

Lebaran Haji atau Idul Adha memang identik dengan berqurban, Kata qurban berasal dari bahasa arab Qaruba Yaqrabu Qurban  yang artinya dekat yaitu dekat kepada Allah SWT dan sesama manuasia. Menurut istilah Qurban adalah hewan (berupa unta, sapi, kerbau atau kambing) yang disembelih pada hari raya Idul Adha dan hari –hari tasyiq dengan niat mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dasar syarat penyembelihan Qurban adalah QS. Al-kautsar ayat 1-2. “sesungguhnya kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak, maka dirikanlah shalat karena rabbmu dan berqurbanlah”. Di dalam qurban ini kita mengingatkan kembali kepada nabi kita yaitu nabi Ibrahim Saw yang menyerahkan apa saja atau berserah diri kepada Allah SWT. Karena nabi Ibrahim sangat berserah diri sekali sampai – sampai anaknya yaitu Ismail Saw yang mau dikorbankan namun Allah sangat mulia dan nabi ibrahim tidak jadi dikorbankan namun diganti dengan berkorban hewan.

Hukum berqurban adalah sunnah Muakkadah dengan dalil dari Ummu Salamah yang menyebutkan bahwa Nabi Saw bersabda “ Jika kalian telah memasuki hari raya tanggal 10 Dzulhijjah dan salah satu seorang diantara kalian ini berqurban, hendaklah ia tidak memotong rambut dan kukunya” (HR. Muslim). Uangkapan ingin berqurban dalam hadist tersebut menunjukan kebijaksanaan dan pengampunan Allah terhadap orang yang belum mampu menunaikan Qurban. Sebagaimana Ulama Mazhab Hanafi berpendapat berqurban hukumnya wajib bagi orang yang memiliki nisab zakat. Acuan merka adalah hadist shahih yang berbunyi “barang siapa yang berlebihan (dalam harta) tetapi tidak menyembelih Qurban, jangan medekati mesjidku”. (HR. Ahmad dan Ibdnu Majah).

 

Syarat hewan yang akan diqurbankan adalah hewan yang sehat dan tidak cacat, Umur hewan unuk qurban domba atau kambing telah berumur 1 tahun atau lebih sedangkan Sapi atau kerbau yang telah berumur minimal 2 tahun atau yang telah bergigi. Nah jika kalian ingin menyembelih sendiri dirumah hendaklah menyembelih menghadapkan hewan kepala qurban ke arah kiblat, membaca bismilah, mebaca Shalawat atas Nabi, membaca Takbir, dan berdoa. Jika kalian berlebihan uang dan ingin berqurban masih bisa lho karena waktu berqurban selama 3 hari  sesudah idul adha yaitu tanggal 11, 12, 13 Dzulhijjah.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s