Perencanaan dan saluran penarikan karyawan

Setiap kegiatan apapun pasti membutukan manusia untuk mengorganisasikannya, entah kegiatan dalam kemasyarakatan maupun kegiatan organisasi. Nah untuk itu diperlukannya sumberdaya manusia yang handal dan sesuai bidangnya, sebelum kita memilih manusia – manusia yang sesuai untuk pekerjaan tertentu diperlukan yang namanya perancanaan terlebih dahlu agar kita mengetahui pekerjaan apa yang didalam suatu organisasi tersebut yang membutuhkan sumberdaya manusia. Perencanaan sumberdaya manusia itu merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengantisipasi permintaan – permintaan bisnis dan lingkungan pada organisasi diwaktu yang akan mendatang dan memenuhi kebutuhan – kebutuhan tenaga kerja yang ditimbulkan oleh kondisi – kondisi tersebut. Secara lebih sempit lagi perancanaan sumberdaya manusia berarti mengetimasi secara sistematik permintaan (kebutuhan) dan suplai tenaga kerja diwaktu yang akan datang.Perencanaan sumberdaya manusia ini memungkinkan suatu organisasi atu perusahaan untuk :

  1. Memperbaiki penggunaan sumber daya manusia
  2. memadukan kegiatan – kegiatan personalia dan tujuan – tujuan organisasi diwaktu yang akan datang secara efisien.
  3. Mengadakan pengadaan karyawan – karyawan baru secara ekonomis
  4. mengembangkan informasi dasar manajemen personalia untuk membantu kegiatan personalia dan unit – unit organisasi lainnya.
  5. Memabantu program penarikan dari pasar tenaga kerja secara sukses
  6. mengkoordinasikan program -program manajemen personalia yanag berbeda – beda.

Penyebab timbulnya permintaan sumberdaya Manusia terdiri dari berbagai macam diantaranya :

1. Lingkungan Eksternal

  • ekonomi
  • Sosial – politik, Hukum
  • Teknologi
  • Persaingan

2. Organisasi

  • Rencana – rencana strategik
  • Anggaran
  • Forecast penjualan dan produksi
  • Desain organisasi dan pekerjaan
  • Perluasan Usaha

3. Persediaan karyawan

  • Pensiun
  • Permohonan berhenti
  • Pemberhentian (terminasi)
  • kematian

Jika kita sudah mengetahui apa yang dibutuhkan perusahaan dalam perencannan sumberdaya manusia langkah selanjutnya adalah melakukan openarikan Sumberdaya Manusia.

Penarikan (recruitment) adala proses pencarian dan pemikat calon karyawan (pelamar) yang mampu untuk melamar sebagai karyawan. Di dalam proses penarikan karyawan memiliki kendala – kendala diantaranya :

1. Kebijakan promosi

Kebijakan promosi dimaksudkan untuk memberikan kepada karyawan sekarang kesempatanpertama untuk mengisi lowongan – lowongan  pekerjaan, kebijakan ini akan meningkatkan moral karyawan dan partisipasi karyawan erta membantu kegiatan pemeliharaan karyawan

2. kebijakan Kopmpensasi

Di artikel saya sebelumnya sudah dibahas mengenai kompensasi, dimana kompensasi ini mempengaruhi  minat pencari kerja untuk menjadi pelamar seriuz.

3. Kebijakan Stastus karyawan

Para pelamar senantiasa melihat status karyawan diperusahaan yang akan dilamarnaya, ada yang status honorer, musiman atau sementara, partime dan pegawai tetap. Kebijakan perusahaan memilih status karyawannya ada maksud misalnya sebuah perushaan memilih karyawan berstatus honorer, perusahaan tidak mau ambil pusing memberikan tunjangan -tunjangan yang memakan biaya bagi perusahaan.

4. Kebijakan penerimaan tenaga lokal.

Perusahaan mungkin ada yang menarik tenaga kerjanya berada dilingkungan sekitar perusahaan ini dimaksudkan untuk menjalin hubungan baik dengan masyaraka disekitar perusahaan.

Saluran – Saluran  Penarikan

saluran penarikan karyawan sangatlah beraga m tergantung kebijakan perusahaan memilih saluran yang menurutnya baik.Berbagai saluran atau sumber yang dapat digunakan untuk menarik karyawan diantarnya

  • Walk ins

pelamar atau pencari ketrja datang sendiri keperusahaan dan kemudian mengisi blangko    lamaran yang sudah disediakan.

  • Rekomendasi dari karyawan (Employee referrals)

Para karyawan perusahaan yang sudah bekerja bisa merekomendasikan bisa merekomendasikan saudarannya, teman atau kerabatnya kepada departemen personalia. Kebaikan metode ini yakni Karyawan yang melakukan rekomendasi berarti telah melakukan penyaringan pendahiluan, perusahaan memperoleh rekomendasi lengkap tentang pelamar, karyawan akan cenderung merekomendasikan temannya yang mempunyai kebiasaan dan sikap yang hampir sama dan pelamar telah mengetahui karakteristik perusahaan dari karyawan pemberi rekomendasi.  Namu metode ini ada keburukannya kecenderungan terjadinnya diskriminasi miasalnya merekomendasikan temannya yang mempunyai agama, suku bangsa dan daerah yang sama

  • Pengiklanan (Advertising)

Di zaman yang modern ini mengiklankan suatu lowongan kerja sangat populer melalui televisi, koran, radio, internet dan sebagainnya.Di dalam metode ini terdapat dua jenis iklan penarikan yaitu want add dan blind ad. Wand add jenis iklan umum yang ada di surat kabar dimana iklannya menguraikan pekerjaan dan benefits mengidentifikasikan perusahaan dan memberitahukan bagaimana cara melamar sehingga perusahaan menjadi dikenal masyarakat lewat pemberitahuan lowongan pekerjaan namun buruknya perusahaan kebanjiran pelamar atau sebaliknya kekurangan pelamar. Sedangan blind add, dimana perusahaan tidak menyebiutkan nama perusahaan tersebut, hanya jika para pelamar ada yang tertarik diminta untuk mengirimkan surat lamaran melalui pos kelebian dari blind add mencegah banyaknya telepon yang msuk atau banyaknya pelamar yang datang keperusahaan dan menjaga kerahasiaan perusahaan.

  • Agen – Agen Penempatan tenaga kerja

dimana perusahaan meminta tenaga kerja dari agen penempatan kerja swasta maupun pemerintah. Misalkan agen penyalur ini kantor Wilayah Departemen tenaga Kerja yang fungsinnya sebagai penyalur kebutuhan lowongan pekerja dan pencari kerja.

  • Lembaga Pendidikan

Perusaahaan dapat bekerja sama dengan perguruan tinggi atau sekolah – sekolah  SMK untuk menyediakan tenaga kerja yang dibutuhakan.

  • Organisasi – organisasi Karyawannya

adanya serikat buruh yang ada bisa dimanfaatkan sebagai saluran penarikan karyawan dikarenakan mereka sudah mempunyai pengalaman – pengalamn sebelumnya.

  • Leasing

jika perusahaan menarik karyawan atas kebutuhan jangka pendek bisa menggunkan metode ini di karenakan status karyawanya honorer yang dibayar secara harian atau perjam. Leasing ini juga dapat mengindari perusahaan dari kewajiban dalam pensiun, asuransi, dan kompenasi tambahan lainnya.

  • Nepotisme

Penarikan anggota keluarga merupakan komponen program yang tak dapat dielakan dalam perusahaan keluarga. Kebijakan ini  tidak berkaitan dengan kecakapan tetapi berdasarkan kepntingan dan kesetiaan kepada perusahaan.

  • Asosiasi – asosiasi Profesional

Berbagai asosiasi profesional ( KADIN, HIPMI, IAI dan sebagainnya) dapat berfungsi sebagai sumber penarikan. Organisasi – Organisasi tersebut mungkin menyelenggarakan kegiatan penempatan untuk membantu para profesional mendapatkan pekerjaan.

  • Operasi – operasi militer

banyak personalia terlati berasal dari militer yang telah habis masa tugasnnya atau veteran. Mereka biasannya memiliki keterampilan yang dapat diandalkan dalam bidang tertentu.

  • Open House

Orang yang disekitar perusaahaan diundang untuk mengunjungi dan melihat fasilitas perusahaan, memperoleh penjelasan dan mungkin menonton pemutaran film mengenai perusahaan. Dengan ini diharapakan ada yang tertarik untuk bekerja di perusahaan tersebut. Biasannya metode ini digunakan untuk menarik para karyawan yang memiliki keterampilan khusus atau langka.

1 Comment

  1. halo tman.. snang dpt mngunjungi blog ini.. kini mari kita bertukar link.. alhamdulillah, skrg link blog mu sudah ada di Blog qu..
    thnx..


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s