SELUK BELUK PASAR MODAL

Kira – kira apa ya itu pasar modal?lalu ada yang tahu tidak Bursa Efek Jakarta (BEJ) itu untuk apa? Nah bursa efek Jakarta itu ada kaitanya dengan pasar modal, yang mempertemukan pihak – pihak yang memerlukan dana jangka panjang dengan pihak yang memiliki dana. lalu yang diperjualkan di pasar modal berupa hak kepemilikan perusahaan dan surat pernyataan hutang perusahaan, dimana pemilik modal adalah individu atau organisasi/lembaga yang bersedia menyisikan kelebihan dananaya untuk melakuakan kegiatan yang menghasilkan pendapatan sedangakan penjual modal adalah perusahaan yang memerlukan modal tambahan untuk keperluan usahanya.
Barang atau modal yang diperdagangkan berupa saham, obligasi dan surat hutang lainnya, pengertian Pasar modal itu sendiri adalah pasar yang dikelola secara terorganisir dengan aktivitas perdagangan surat berharga jangka panjang dengan menggunakan jasa perantara, komisioner dan underwriter.
Fungsi pasar modal anatara lain :
– Sumber dana jangka panjang
– Alternatif investasi
– Alat untuk melakukan divestasi
– Alat restrukturisasi modal perusahaan

Pelaku – pelaku dalam Pasar Modal

– Emiten
Emiten adalah perusahaan yang menjual pemilikannya kepada masyarakat (go public)

– Investor
Investor atau penanan modal adalah badan atau perseorangan yang membeli pemilikan suatu perusahaan go public

– Pemodal perseorangan
Pemodal perseorangan adalah orang atau individu yang atas nama sendiri melakukan penanaman modal.

– Lembaga penunjang
Lembaga penunjang berfungsi sebagai pendukung bekerjanya pasar modal seperti penjamin emisi (underwriter), wali amanat (Trestee), pedagang efek (dealer) dsb. Continue reading

Relasi

Relasi, dalam matematika, adalah hubungan antara dua elemen himpunan. Hubungan ini bersifat abstrak, dan tidak perlu memiliki arti apapun baik secara konkrit maupun secara matematis.

Definisi

Jika terdapat himpunan A dan himpunan B (A bisa sama dengan B), maka relasi R dari A ke B adalah subhimpunan dari A×B.

Relasi dan fungsi proposisi

Sebuah relasi dapat dikaitkan dengan sebuah fungsi proposisi atau kalimat terbuka yang himpunan penyelesaiannya tidak lain adalah relasi tersebut.

Sebagai contoh, pandang himpunan B = { apel, jeruk, mangga, pisang } dengan himpunan W = { hijau, kuning, orange}. Suatu relasi R dari A ke B didefinisikan sebagai R = {(apel, hijau), (jeruk, orange), (mangga, hijau), (pisang, kuning)}. Terdapat fungsi proposisi w(x, y) = “x berwarna y“, yang himpunan penyelesaiannya adalah {(apel, hijau), (jeruk, orange), (mangga, hijau), (pisang, kuning)}, yang tidak lain adalah relasi R.

Relasi A×A

Sebuah relasi A×A, yaitu relasi dari himpunan A kepada A sendiri, dapat memiliki sifat-sifat berikut:

  • Refleksif
  • Irefleksif
  • Simetrik
  • Anti-simetrik
  • Transitif

Kita menyebut relasi R dari A kepada A sebagai relasi R dalam A.

Relasi Refleksif

Sebuah relasi R dalam A disebut memiliki sifat refleksif, jika setiap elemen A berhubungan dengan dengan dirinya sendiri.

atau

Contoh relasi yang memiliki sifat seperti ini adalah relasi “x selalu bersama y.”, dengan x dan y adalah anggota himpunan seluruh manusia. Jelas sekali bahwa setiap orang pasti selalu bersama dengan dirinya sendiri.

Relasi Irefleksif

Relasi R dalam A disebut memiliki sifat irefleksif, jika setiap elemen A tidak berhubungan dengan dirinya sendiri.

atau

Contoh relasi irefleksif adalah relasi “x mampu mencukur rambut y dengan rapi sempurna.”, dengan x dan y adalah setiap pemotong rambut. Diandaikan bahwa setiap orang hanya dapat mencukur rambut orang lain dengan rapi sempurna, maka relasi ini adalah irefleksif, karena tidak ada seorang tukang cukur a yang mampu mencukur rambutnya sendiri.

Contoh lain dalam himpunan bilangan bulat adalah, relasi < dan > adalah irefleksif.

Relasi Simetrik

Relasi R dalam A disebut memiliki sifat simetrik, jika setiap pasangan anggota A berhubungan satu sama lain. Dengan kata lain, jika a terhubung dengan b, maka b juga terhubung dengan a. Jadi terdapat hubungan timbal balik.

atau

Sebuah relasi “x + y genap” adalah relasi simetrik, karena untuk sembarang x dan y yang kita pilih, jika memenuhi relasi tersebut, maka dengan menukarkan nilai y dan x, relasi tersebut tetap dipenuhi. Misalnya untuk pasangan (5, 3) relasi tersebut dipenuhi, dan untuk (3, 5) juga.

Relasi Anti-simetrik

Jika setiap a dan b yang terhubung hanya terhubung salah satunya saja (dengan asumsi a dan b berlainan), maka relasi macam ini disebut relasi anti-simetrik.

atau

Dalam kebanyakan literatur biasanya ditulis sebagai kontraposisinya seperti di bawah ini. Keuntungan bentuk ini adalah tidak mengandung negasi, dan hanya mengandung satu implikasi.

atau

Relasi bersifat anti-simetrik, karena mengakibatkan . Demikian juga jika ada p dan q yang terhadap mereka berlaku dan berarti p = q.

Relasi Transitif

Sebuah (a,b) \in R \wedge (bin R \rightarrow (a,c) \in R</math> atau

Gagal memparse (fungsi yang tidak diketahui\berhubungan): \forall< bersifat isebut transitif jika memiliki sifat, ”a” berhubungan dengan ”b” berhubungan n ”c”, maka ”a” juga ,c) \berhubungan dengan ”c” secara langsung. :<math>\forall_{a, b, c \in A}\q_{a,relasi d b, dengac \in A}\quad a R”b”, dan b \wedge b R c \rightarrow a R c

Sebagai contoh, relasi dua transitif. Misalnya untuk 5, 6, dan 7, berlaku 5 < 6, 6 < 7, dan 5 < 7.

Relasi khusus

Relasi Ekivalen

Sebuah relasi disebut sebagai relasi ekivalen jika relasi tersebut bersifat:

  • Refleksif
  • Simetrik, dan
  • Transitif

Relasi ekuivalen memiliki hubungan erat dengan partisi, yang merupakan alasan mengapa partisi dari sebuah himpunan disebut kelas ekivalen atau kelas kesetaraan.

Orde Parsial

Orde parsial adalah relasi yang bersifat:

  • Refleksif
  • Anti-simetrik, dan
  • Transitif

Contoh Relasi :

Misalkan A = { Amir, Budi }

B = {IF221,IF251,IF342}

A x B = {(Amir,IF221),(Amir,IF251),

(Amir,IF342),(Budi,IF221)

(Budi,IF251),(Budi,IF342)}

Relasi (R) = {(Amir,IF221),(Amir,IF251),(Budi,IF251)

(Budi,IF342)}

Contoh

Diketahui bahwa A = {1,3,5}, B = {1,2,4,7},

S = {(1,1), (1,2), (3,4), (5,7)}, dan

T = {(1,1), (1,3), (2,1), (2,3), (4,5), (7,3)}

A X B = {(1,1), (1,2), (1,4), (1,7), (3,1), (3,2), (3,4), (3,7), (5,1), (5,2), (5,4), (5,7)}

B x A = {(1,1), (1,3), (1,5), (2,1), (2,3), (2,5), (4,1), (4,3), (4,5), (7,1), (7,3), (7,5)}

bingung mo di apain

Tadi pagi ane baru dari kampus untuk bayar uang semesteran dan niatnya sekalian mo ambil hadiah blog bulanan karena blog ane kepilih sebagai blog terbaik, selesai dari bank  ane ke elerning center mau bertanya apakah hadiahnya blog bulanan bisa diambil?kata petugas elerning center bisa katanya ane disuruh tunggu sebentar dan memperliatkan KTM ane. hadiahnya ci lumayan  perdana sama voucher pulsa, ga tau nominalnya berapa, Tak lama kemudian ane dipanggil ni ridwan hadiahnya? Terus ane disuruh tanda tangan, lalu ane liat  hadiahnya ternyata berupa kartu Perdana XL yang sudah di isi pulsa sejumlah Rp.450.000, ya lumayan ci tapi kenapa ga perdana IM3 karena kan saya pengguna IM3,mo bilang begitu sama petugasnya ga enak karena kan itu hadiah . tadi ane liat ada pemenang yang dapat perdana IM3 plus pulsa dengan nominal yang berbeda – beda, ane masih bingung mo di apain ya hadiah ini?ane terlintas untuk menjualnya, tapi apakah ada yang mau???kata petugas elerning centernya ane disuruh dipake tuh kartunya, ya sudah lah namanya juga hadiah ya udah ane mesti ane terima dan ane gunakan. BTw Kira – kira pulsanya segitu habisnya berapa hari ya??? Oh ya ane terimakasih kepada gundar blog ane kepilih menjadi blog bulanan pada bulan januari

Penipuan mengatasnamakan telepon rejeki rumah tumpah Telkom

Bulan januari kemarin tepatnya tanggal 24 januari 2010 ada yang telepon ke telepon rumah yang mengatas namakan PT.Telkom, yang menyatakan keluarga ane memenangkan undian 1unit motor mio dari program telepon rejeki rumah telkom, nah kebetulan yang menerima telepon tersebut ane, mendengar kalau keluarga ane dapat motor ane senang banget dan tidak menaruh curiga kalau itu hanya sebuah penipuan belaka, dikarenakan orang yang menelpon menyebutkan nama bokap ane, undiannya tidak dipungut pajak/biaya sama sekali, tuh penipu nanya sama ane jam 11 malam nonton televisi ga di stasiun televise SCTV karena pada jam segitu nomer telepon anda keluar sebagai pemenang undian?ane jawab ga  dan yang lebih meyakinkan lagi berbicaranya bro seperti bukan seorang penipu kaya operator asli. Lalu ane di kasih nomer telepon (flexi) kepala direktur bagian pemasaran untuk mengkonfirmasi hadiah undian (tuh orange suruh ane secepatnya menghubungi kalau tidak hadiahnya hangus), yang mengherankan bro tuh nama  direktur disebutkan  title panjang banget dari haji sampe title tingkat sarjananya. Nah ane dari situ ada keraguan bro karena apa??kata bokap ane kebetulan bekerja di Telkom, orang yang bekerja di PT.Telkom ga bakalan sebutin titlenya yang dia punya ke orang – orang atau pelanggannya. Dari situ ane coba – coba browsing di internet bener ga tuh berita bahwa keluarga ane mendapatkan undian, wah bro ternyata ane ditipu. Bener ci bahwa ada pengundian dari PT.Telkom atas program rejeki rumah tumpah tapi disitu ga ada nama bokap ane tercantum,sehabis itu bro ane kesel ya udah dah tuh direktur penipu yang mengatas namakan Telkom ane telpon terus ane dengar aja yang dia ngmong, abis itu ane nasehatin kalau cari uang jangan dari nipu, kasihan yang lw tipu. Dia masih ngotot bro kalau dia tuh dari Telkom ya udah gan ane kasih bokap ane terus tuh penipu ga bisa bekutik karena bokap ane sendiri karaywan Telkom lalu tuh penipu dimaki – maki abis – abisan sma bokap ane dan selanjutnya ga tahu lag dah gimana. Ada sedikit Tips ni dari ane agar waspada terhadap kasus penipuan yang marak sekali dizaman sekarang, langsung aja :

1.jangan langsung percaya kalau ada sms atau telepon yang menyatakan kalau anda memenangkan/ mendapatkan  undian, kalau bisa anda menghubungi  suara konsumen, call center, cari info di internet kalau anda mendapatkan hadiah

2. Kalau memang anda menang undian anda akan dikirimkan surat resmi dari perusahaan untuk menghadiri acara penyerahan hadiah dan biasanya kalau penyerahan/pengumuman  undian hadiah itu dipublikasikan secara umum melalui media cetak dan elektronik.

3. Karyawan Telkom khususnya tidak menyebutkan title kepada orang maupun pelanggan, kalau ada yang seperti itu berarti karyawan Telkom gadungan (kata bokap ane).

4. kalau memang anda menang dan dihubungi lewat telepon pastikan lihat nomer telepon pelaku kalau memakai nomer handphone/nirkabel (CDMA atau GSM) jangan dipercaya 100%  pasti penipuan. Kalau memakai telepon kabel/rumah boleh percaya.

5. jika anda disuruh transfer atas undian hadiah jangan mau itu dipastikan penipuan dikarenakan sudah banyak kasus penipuan seperti itu

penemu flash disk

FLASHDISK…..Pasti tau kan???
Tau siapa penemunya ??

sampe sekarang ini, benda kecil itu hampir selalu ada dikantong kita masing2 tapi saya baru aja tau siapa yang ngerintis benda kecil ini, pengin share aja, ternyata sejarah mula adanya flashdisk seperti ini, mulai dari prototypenya dulu sampe yang canggih sekarang ini.

Kalo ini pasti ampir pada tau lah, komponen utamanya, seperti ini:
1.Sambungan USB
2.Perangkat pengontrol penyimpanan massal USB
3.Titik-titik percobaan
4.Chip flash memory
5.Oscillaator crystal
6.LED
7.Write-protect switch
8.Ruang kosong untuk chip flash memory kedua
Continue reading