Lebai vs alay, bagaimana menghadapi

Menarik untuk disimak, setiap hari saat kita mengakses Facebook mungkin akan selalu menemui orang-orang yang Alay dan Lebay. Lalu sebenarnya siapa dan bagaimana sih orang alay atau lebay itu? Dan bagaimana kita menghadapi orang-orang seperti ini di Facebook? Apakah masih pantas untuk tetap sebagai Friend kita? Atau mungkin malah kita harus mem-Blok-nya?

Lebay, sudah dikenal beberapa tahun terakhir ini, apalagi setelah ada lagu “Jangan Lebay” dari T2, kita jadi lebih tahu tentang sifat orang Lebay. Orang Lebay adalah orang yang selalu membesar-besarnya masalah atau hal kecil, dalam arti lain orang lebay juga adalah orang yang terlalu melebih-lebihkan diri maupun pendapatnya tanpa memperdulikan orang lain, alhasil orang lebay cenderung untuk bersifat sombong, merasa benar sendiri dan selalu ingin cari perhatian

Contoh status orang lebay di Facebook :

>> Gila, semua orang di kampus akhirnya tahu gw jadian sama cowok terganteng di dunia!

Dari kata-katanya saja sudah bisa ditebak, orang Lebay akan merasa benar sendiri! Padahal cowoknya (sang pacar) bila dibandingkan dengan Pasha Ungu atau Ariel Peterpan, masih 1/4 gantengnya alias sangat tidak mungkin jadi cowok  terganteng se-dunia! terus juga “orang sekampus jadi tahu” padahal dalam kenyataan mungkin hanya segelintir orang atau mungkin hanya teman-teman deketnya saja yang tahu. Terlalu membesar-besar masalah kecil dan ingin mencari perhatian, ciri khas dari orang Lebay.

Lalu bagaimana dengan orang Alay? Dimana istilah Alay ini akhir-akhirnya ini juga sering muncul di Facebook? Ada banyak singkatan yang beredar tentang Alay ini.

Alay adalah Anak Layangan, ini artinya orang Alay akan selalu bersifat seperti Layang-layang, terbang sesuai arah angin, cara  bergaul anak Alay cenderung mengikuti yang sedang trend atau lagi hot, namun tentunya dengan cara yang salah alias salah kaprah. Juga Alay bisa singkatan dari Alah Lebay (Anak Lebay), Anak Layu atau Anak Kelayapan, dan mungkin anda juga punya singkatan tersendiri untuk mengartikan Alay.

Sifat dan sikap akan sangat jelas terlihat di Facebook atau Friendster mulai dari memakai nama (nickname) yang sok gaul dan over acting, status update yang sulit dibaca dan bernada narsis  misal Akuwh Cuteyz, C1NtA Saiiaangs Ay4n9, K4n9eundd bAn9eDd, aquwh s4aiian9 Kamyu, cppa dS4n4 lutchuw b4n9euudD dan kata-kata lain yang menggabungkan antara huruf, angka dan tanda-tanda baca lainya.

Sikap Alay biasanya akan menghinggapi ABG misalnya orang yang baru memasuki usia SMP (atau bahkan anak SD) namun tidak menutup kemungkinan orang dewasa juga bisa dihinggapi oleh sikap Alay ini. Orang Alay akan berdandan (berakting) seperti orang yang “Paling Gaul” dan paling “Uptodate” tapi yaa… karena salah kaprah jadinya malah kelihatan “kampungan”. Berdandan layak seperti seorang “Emo sejati” atau seperti pengagum “AvrilLavigne” atau “The Virgin” tapi bersikap masih seperti anak  kecil!

Seperti kalimat dalam sebuah iklan “Mau Eksis Jangan Lebay, Pliss”, itu artinya kalau kita mau eksis entah di Facebook atau Social Networking lainnya, ngga perlu sampai bersikap lebay dan alay, cari perhatian sih wajar-wajar saja, menampilkan status update yang menarik juga tidak ada yang melarang, terus berbicara tentang diri sendiri bahkan membanggakan prestasi sendiri juga ok ok saja, namun semua tentunya mesti wajar, dan tidak berlebihan.

tasikisme

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s