Jawaban soal kuis Manajemen Pemasaran

1. Pendekatan ilmiah dalam penelitian pemasaran :

  • Pendekatan Penelitian Eksploratif

Pendekatan penelitian eksploratif ini berusaha mengungkapan pendalaman suatu pandangan serta mampu menjelaskan struktur kejadiannya.

  • Pendekatan Penelitian Deskriptif

Pendekatan penelitian deskriptif ini berusaha menjelaskan tingkatan atau kaitan antar variable.

  • Pendekatan Penelitian Kausalitatif

Pendekatan penelitian kausalitatif ini berusaha menjelaskan hubungan sebab –akibat antara variabel – variabel.

2. yang mendukung sumber-sumber informasi pemasaran:
a) Scientifik (ilmiah)    : – Analisi Pasar, Riset Pasar.
b) Descriptif(objek)      : – Data, Informasi.

3. Proses penelitian pemasaran :

  1. I.      Analisis situasi dan sistem informasi

Analisis situasi merupakan kegiatan yang mengawali proses penelitian. Dari analisis situasi akan dapat dikembangkan alternatif – alterenatif peluang kebutuhan penelitian. Kegiatan analisis akan memerlukan informasi yang pokok oleh sistem informasi perusahaaan.

  1. II.      Maksud  penelitian dan identifikasi masalah

Maksud diadakan penelitian perlu disepakati antara team peneliti dengan manajer. Menyangkut tentang alternatif yang akan diteliti, masalah penelitian dan siapa yang berkepentingan akan hasil penelitian. Identifikasi masalah dikembangakan dari analisis situasi. Kesenjangan lingkunagan internal dan eksternal merupakan alternative masalah yang potensial untuk diteliti.

  1. III.      Tujuan penelitian

Tujuan penelitian merupakan pernyataan tentang informasi – informasi yang hendak di inginkan dan diperoleh dari suatu penelitian yang ditentukan terlebih dahulu. Dikembangankan melalui suatu rumusan hipotesa denagnpembatasan – pembatasan atas pengertian – pengertian yang dipergunakan dalam penelitian.

  1. IV.      Estimasi nilai informasi penelitian

Perkiraan informasi yang akan diperoleh dari penelitian perlu dibandingkan dengan biaya – biaya penelitian yang akan dikeluarkan. Apabila tidak layak maka rencana penelitian perlu dilakukan perbaikan, ditunda, atau bahkan akan dibatalkan.

  1. V.      Rencangan Penelitian

Dengan metode apa atau bagaimana yang harus dilakuakan dalam penelitian.

4. Klasifikasi karakteristik jenis data :

  1. I.      Data Primer
    Data primer adalah secara langsung diambil dari objek / obyek penelitian oleh peneliti perorangan maupun organisasi. Data primer ini terdiri dari ordinal, nominal, interval dan rasio Contoh : Mewawancarai langsung penonton bioskop 21 untuk meneliti preferensi konsumen bioskop.
  2. II.      Data Sekunder
    Data sekunder adalah data yang didapat tidak secara langsung dari objek penelitian. Peneliti mendapatkan data yang sudah jadi yang dikumpulkan oleh pihak lain dengan berbagai cara atau metode baik secara komersial maupun non komersial. Contohnya adalah pada peneliti yang menggunakan data statistik hasil riset dari surat kabar atau majalah.

5. Faktor – faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian konsumen :

  • Faktor eksternal

–         keluarga

–         kelas sosial

–         kebudayaan

–         kelompok referensi

  • Faktor internal

–         motivasi

–         persepsi

–         sikap

–         gaya hidup

–         kepribadian

–         belajar

6. Variabel psikologi dan variable sosial memang berkontribusi dalam keputusan

seseorang membeli atau tidak karena variable psikologi meliputi peranan motifasi,

persepsi, kepercayaan dan kepribadian yang mendasari pengambilan keputusan.

Sedangan variabel sosial adalah pengaruh eksternal terhadap keputusan seseorang,

faktor variabel sosial  meliputi aspek kultur, subkultur, kelas social, kelompok

referensi serta peranan dan status seseorang dalam kehidupan kelompok.

7. Marketer membentuk homogonitas pasar konsumen  berawal dari perilaku pasar yang

heterogen oleh karena itu dibutuhkan segmentasi (homogenitas) yang relatif

mempunyai kebutuhan dan keinginan. Dengan adanya homogenitas marketer

bermaksud untuk menghemat biaya, eaktu dan energi. Terdapat 3 langkah marketer

membentuk pasar yang homogen untuk mencapai sasaran pemasaran yakni :

  1. I.      Sasaran segmentasi pemasaran yaitu tindakan membagi pasar menjadi beberapa kelompok pembeli yang mungkin memerlukan produk dan/ atau buaran pemasarn berbeda
  2. II.      Menetapkan pasar sasaran yaitu tindakan mengevaluasi dan menyeksi satu atau lebih segmen pasar yang hendak dimasuki.
  3. III.      Penetapan produk yaitu merumuskan penentuan posisibersaing untuk dan buaran pemasaran secara terperinci.

8. proses segmentasi bagi calon pembeli dapat dilihat dari factor :

  • Geografis (wilayah, pemukiman, perkotaan dsb)

Pasar dapat dibedakan menurut waktu atau batas daerah

  • Demografis (usia, jenis kelamin, pendapatan, pendidikan, pekerjaan dsb)

Pemasaran dapat dibedakan menurut perbidaan misalnya, usia perilaku pasar anak – anak berbeda dengan dewasa

  • Psikografis (sifat, motifasi, persepsi dsb)

Pasar dapat dibedakan menurut sikap konsumen terhadap barang tertentu

  • Kebiasaan

Mebeli dan mengkonsumsi

Pendekatan atribut yang mempengaruhi keputusan membeli diantaranya :

–         harga

–         promosi

–         produk

–         motifasi

–         sosial – budaya

–         peranan dan status

–         persepsi

–         pemahaman

–         kepercayaan

–         sikap

–         kepribadian

–         kelas sosial

Nama               : Ridwan Ardiansyah

Kelas/ Npm      : 2ea03/11208051

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s