Motivasi

Tema                :Motivasi

Judul                : Motivasi

Nama               : Ridwan Ardiansyah

Npm/kelas        : 11208051/3EA03

Mengapa  seseorang lebih suka membeli mie goring Indomie daripada merk lain?Mengapa seorang anak kecil suka bermain Timezone dari pada ditempat hiburan lain?Apakah karena produknya atau sebenarnya pada diri konsumen ada kebutuhan dan keinginan tertentu sehingga mendorong berusaha mencari produk yang mereka inginkan??Bagi pasar mengenal kebutuhan dan keinginan konsumen yang mendorong untuk memilih atau tidak memilih suatu produk sangat penting .

Pengertian Motivasi

Motivasi berasal dari bahsa latin movere yang artinya menggerakan . seorang konsumen memebeli sesuatu karena ada yang mengerakkan, proses timbulnya dorongan  sehingga konsumen tergerak untuk membeli produk itulah yang disebut motivasi. Sedangkan yang memaotivasi untuk memebeli adalah motif

Unsur yang terlibat dalam motivasi meliputi :

  1. Kebutuhan

Setiap konsumen memiliki kebutuhan yang berbeda – beda. Kebutuhan ini bersifat fisiologis dan dapat dipelajari. Kebutuhan bersifat fisiologis anaztara lain kebutuhan akan makan, minum, udara, pakaian, perlindungan serta seksual sedangkan kebutuhan yang dipelajari anatar lain pengharagaan diri, ptastise, dan kekuasaan

  1. Perilaku

Aktivitas yang dilakukan individu dalam usaha memenuhi kebutuhan, perilaku ini dpaat diamati dalam pengambilan keputusan.

  1. Tujuan

Tujuan yang dipilih konsumen tergantung pengalama pribadi, kapasitas fisik, norma – norma dan nilai – nilai budaya.

Pada umunya motif atau kebutuhan manusia memiliki sifat sebagai berikut :

  1. Kebutuhan tidak pernah terpuaskan

Kebanyakan kebutuhan manusia tidak terpuaskan sepenuhnya. Contoh seseorang yang sudah memiliki mobil sedan soluna untuk sarana transportasi ditahun yang akan datang ia menginginkan mobil BMW dan sedan Camry.

  1. Kebutuhan baru muncul stelah kebutuhan lama terpenuhi

Sama seperti contoh nomer 1, setelah kebutuhan srana transportasi terpenuhi muncul keinginan baru memebeli mobil y6ang lebih mahal. Ini menunjukan bila kebutuhan terpenuhi  maka akan timbul  kebutuhan baru yang berbeda, yang lebih tinggi aatau yang nilainya lebih cocock dengan kondisi yanga akan dating

  1. Keberhasilan dalam mencapai tujuan akan mempengaruhi tujuan berikutnya

Apabila konsumen gagal dalam men cpaai tujuan sebelumnya, maka konsumen pada umumnya akan menentukan tujauan yang mungkin lebih rendah atau tujuan pengganti yang memungkinkan dapat mencapainya. Sebaliknya konsumen yang berhasil mencapai tujauan akan meningkatkan tujuan berikutnya yang lebih tinggi. Contoh, seorang konsumen yang gagal memebeli computer Pentium terbaru akan berusaha memebeli Pentium generasi yang lama

  1. Motif bersifat majemuk

Sangat jaraang tindakan seorang konsumen hanay didasrkan pada satu motif, tetapi umunya didorong oleh beberaapa motif sekaligus. Contoh, seorang yang memebeli mobil BMW selain didorong untuk mndapatkan prastise, juga untuk meningkatakan harga diri dan kebutuhan akan kenyamaan serta keamanan

Teori Motivasi

  1. Teori hirarki kebutuhan

Dikemukana oleh Abraham Maslow, kebutuhan manusia secara hirarki adalah sebagai berikut

  1. Kebutuhan fisiologis

Kebutuhan yang dibutuhkan individu untuk memepertahankan diri atau kebutuhan yang mendasar, misalnya kebutuhan makan, minum, pakaina, seks dan lainnya

  1. Kebutuhan rasa aman

Kebutuhan yang diperlukan individu untuk emlindungi diri baik secara fiik maupun psikologis. Misalnya konsumen membutuhkan jasa asuransi, tabungan, pendidikan agar masa depanya aman.

  1. Kebutuhan Sosial

Kewbutuhan untuk berkumpul, berkomunikasi dan bekerja sama.

  1. Kebutuhan akan penghargaan

Mencangkup kebutuhan untuk memeperoleh prestasi, kepercayaan diri dan penghargaan

  1. Aktualisasi Diri

Kebutuhan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki. Misalnya kebutuhan untuk berkreasi menunujukan kreatifitas.

  1. Teori Tiga Kebutuhan

Teori ini dipopulerkan oleh McClelland. Murutnya manusia memiliki 3 macam kebutuhan :

a. Kebutuhan untuk berkuasa (need for power)

Kemampuan individu untuk mengendalikan dan mempengaruhi oaring lain yang ada dilingkungan.

b. Kebutuhan Berafiliasi

Kebutuhan individu untuk mendapatkan kehangatan dan menjalin hubungan secara lebih dekat dengan oaring lain. Contoh seorang remaja membeli handphone nokia karena terdorong agar dpat menjalin hubungan lebih baik dengan keluaraga.

c. Kebutuhan prestasi

kebutuhan prestasi memiliki dorongan yang kuat untuk mengerjakan pekrjaan dengan hasil terbaik, menyukai persaingan, pekrjaan yang menantang dazn mempu untuk menentukan tujuan yang sesuia dengan kemampuan.

Kesimpulan

Motif dan motifasi konsumen penting diketahui oleh pemasar karena denagn memahami motif dan motivasi pemasar dapat melakauakan upaya yang mendorong konsumen untuk tertarik dan membeli produk. Motifasi merupakan proses timbulnya dorongan sehingga konsumen bergerak untuk membeli produk. Motivasi timbul karena adanya motif yakni adanya kebutuhan, keinginan maupun harapan yang tidak terpenuhi.

Kebutuhan manusia memiliki sifat – sifat antara lain, tidak pernah terpuaskan, kebutuhan baru muncul setelah kebutuhan lama terpenuhi, keberhasilan dalam mencapai tujuan akan mempengaruhi kenutuhan berikutnya dan bersifat majemuk.

Menurut teori hirarki kebutuhan terdapat 5 kebutuhan konsumen yang sifatnya berjenjang dari kebutuhan yang paling rendah ke yang paling tinggi, yaitu kebutuhan fisiologis, rasa aman, social, penghargaan diridan aktualisasi diri. Sedangan menurut teori tiga kebutuhan, terdapat 3 jenis kebutuhan yaitu kebutuhan prestasi, afiliasi, dan kebutuhan berkuasa.

Sumber/ Daftar pustaka

–   Suryani, Tatik, (2008). Perilaku Konsumen. Surabaya : Graha Ilmu

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s